Expo UMKM Bondowoso Kreatif: Peranan Bank Sentral di Daerah

, , No Comments
Peran bank sentral di daerah-daerah di Indonesia, utamanya ialah mendorong kegiatan perekonomian kawasan tersebut dengan cara meningkatkan kapabilitas rumah tangga dan ekonomi lokal, melalui pengembangan (usaha mikro, kecil, dan menengah) UMKM.

Peran ini telah dilakukan sejak tahun 1960-an. Lalu sebagai bank sentral, fokus Bank Indonesia dalam pengendalian inflasi daerah adalah memantau inflasi yang disumbang dari komoditas volatile food yakni beras, daging, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Volatilitas tergantung pada pasokan, distribusi, dan konsumsinya.



Pengembangan UMKM menjadi salah satu media Bank Indonesia dalam pengendalian inflasi, khususnya dari sisi penawaran untuk mendukung ketahanan pangan. Selain itu dalam konteks persiapan mengenai komunitas ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015.

Seperti diketahui pada MEA arus modal, investasi, tenaga kerja terampil, barang dan jasa, semua akan tak berbatas atau borderless di area itu. Tak ada lagi sekat antara negara. Untuk itu UMKM dituntut siap menghadapinya, terutama daya saingnya.

Dalam rangka menghadapi MEA, Bank Indonesia mengembangkan UMKM agar dapat siap menghadapi MEA dan berharap lagi agar UMKM binaan ini dapat melakukan ekspor sehingga dapat meningkatkan cadangan devisa secara umum.

Kegiatan pameran UMKM dan perbankan merupakan kegiatan rutin tahunan KPwDN BI Jember yang diselenggarakan dalam rangka mendorong kinerja usaha UMKM dan meningkatkan fungsi intermediasi perbankan khususnya di wilayah Jember. Sebelum di Bondowoso, telah dilakukan pameran UMKM di Jember, Banyuwangi, dan Lumajang.

Bank Indonesia memamerkan produk-produk UMKM yang dibina melalui konsep cluster, usaha berupa komoditas kopi, beras organik, produk susu sapi yang telah dikembangkan dengan berbagai turunannya.

Rangkaian kegiatan Expo UMKM Bondowoso Kreatif sejak 29-31 Mei 2015 adalah pameran UMKM dan perbankan, forum investasi Bondowoso, forum kerjasama antara daerah, jalan sehat dan perhelatan kebudayaan yang melibatkan pemerintah daerah, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat.


Pameran UMKM ini diharapkan dapat membuka akses pasar para pelaku UMKM dan menambah jaringan usaha mereka sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan skala usaha mereka dan bermuara pada pertumbuhan ekonomi, dimulai dari masing-masing daerah.

0 comments:

Post a Comment

Sumbangkan artikel Anda ke sahabat.bicara131@gmail.com